Selasa, 27 Desember 2011

Proses Kelahiranmu Nak....

Aku masih inget banget detik-detik menjelang persalinanku 9 bulan yang yang lalu... Karna setelah opname di RS karna thypus, aku masih harus masuk kantor, aku belum sempat mengurus cuti bersalinku, sedangkan si mas sedang tugas luar kota di daerah Surabaya, (yaaa sekali lagi karna kantorku di Sidoarjo, maka Surabaya di bilang luar kota).....ternyata temen-temen di kantor menyangka aku sudah melahirkan, ee ko masih masuk kantor tetep dengan perut membuncit,  hehehe ya enggak lah, HPL nya masih 2 minggu lagi ko, pertengahan Maret, sekitar tgl 16....
Hari Kamis tgl 3 Maret, aku berkunjung ke ruangan bagian SDM, untuk mengurus cuti dan mengurus kenaikan pangkatnya si mas, aku sempat ngobrol-ngobrol dengan ibu-ibu yang ada di ruangan itu, mereka sempat bertanya udah siap belum buat melahirkan,trus udah dimasukin tas belum perlengkapan si dedenya, wah pokoknya panjang banget percakapannya saat itu, dan ketika aku bangun dari dudukku, tiba-tiba aku merasakan nyeri di daerah selangkanganku...tadinya aku pikir karna aku ga hati-hati bangun dari duduknya...aku berjalan perlahan menuju ruangan ku, setelah aku duduk lagi, ternyata nyeri itu tak kunjung hilang, rasa itu terus ada sampai menjelang makan siang....

sempet aku bilang ke beberapa teman, ko aku merasa nyeri di sini ya (sambil menunjuk arah perut ke bawah), ada yang bilang ya pasti mulai sakit, karn si dede pasti lagi nyari jalan lahir, tapi ada juga yang sampe heboh dan bilang hati-hati lho mba, itu udah bukaan, jangan jalan-jalan terus....aku ketawa geli, sambil bilang yaa gak mungkin lha, HPL nya kan masih lama, lagian kalo udah bukaan kan pasti ada darahnya, kataku sok tau sambil menuju lift untuk makan siang....
Aku mengajak beberapa orang teman untuk makan siang, dan tanpa bilang sama aku, ternyata mereka udah punya rencana untuk makan siang di luar kantor, aku pikir hanya sekitar kantor aja, jadi aku putuskan untuk ikut, lagian kalo di kantin kantor pasti udah habis, itu pikirku....aku gatau, ternyata setelah sampe, aku baru ngerti ternyata mereka mau makan Pizza Hut yang letaknya lumayan jauh dari kantorku, ckckck....
Sesampainya di Pizza Hut, aku mencoba menyembunyikan kekecewaanku terhadap temen-temanku, klo tau kesini aku ga ikut d, aku harus makan nasi karna aku lapar bangeet.... Dan aku ga peduli, walaupun di Pizza Hut, aku tetep pesen yang ada nasinya, temenku sempet bilang, kalo di Pizza Hut jangan pesen nasi, ga enak... aku cuma tertawa kecil dan tetap melahap nasi yang ada di depanku, daripada aku kelaparan pikirku.
Setibanya di kantor sudah menjelang Ashar, sekitar jam 3, rasa nyeri di bawah perut itu semakin terasa dan mulai mengganggu....buru buru akumenyelesaikan berkas kenaikan pangkat si  mas, aku takut besok aku perlu istirahat jadi ga bisa masuk kantor, sekitar jam setengah 5 sore aku telepon si mas, aku menanyakan bisa ga malam ini dia pulang ke rumah untuk nemenin aku ke dokter, karna selain memang waktunya konsul aku merasa sudah mulai banyak keluhan, tapi dengan rasa bersalah si  mas bilang ga bisa pulang dengan alasan timnya lagi di supervisi, jadi ga enak kalo minta ijin pulang, secara kemarin udah ijin pulang...oke aku terima alasanny tapi aku keukeuh harus ke dokter malam itu, aku takut ada yang salah dengan nyeri bawah perutku itu, dan saat itu kuputuskan untuk ke dokter sendirian untuk pertama kalinya....
Sekitar jam 17.30, aku telp Mbun yang nun jauh di Depok, dia sempat mengkhawatirkan keadaanku, tapi aku bilang, gapapa kok Mbun, InsyaAllah, mohon do'anya aja.... Setelah sholatMaghrib, aku merapikan meja dan menyimpan semua berkas kenaikan pangkat si mas di mejaku, karna aku orang terakhir di ruangan itu yag pulang, maka aku kebagian untuk mengunci ruangan, tapi entah, perasaanku bilang ruangannya ga usah di kunci, jadi kalo besok aku gak masuk kantor, temenku ga perlu nunggu aku buat masuk ruangan....
Bergegas aku turun melalui lift, tak lama kemudian taksi yang kupesan pun datang, buru-buru aku naik taksi dan menuju klinik dokter kandunganku.... selama perjalanan menuju klinik, aku merasakan gejolak di perut bawahku, aku tidak bisa menahan untuk buang air kecil, serrr serrr,  rasanya aku sudah pipis... si mas sempet telepon saat itu, tapi aku gak fokus dan merasa ada yang aneh dengan celanaku, basah maksudnya.... Setibanya di klinik aku langsung disambut oleh para perawat, belum sempat mereka bertanya, aku langsung bilang, sebentar mba saya mau pipis dulu......di dalam toilet aku liat celana dalam sudah basah dengan cairan bening yang aku pikir itu cuma air pipis yang tadi ga bisa aku tahan..padahal tadi di kantor udah pipis 2x pikirku... Sambil menunggu antrian dokter, karena aku dapat no 2, aku coba bersikap tenang, walaupun celana dan bajuku sudah basah, (tembus maksudnya)...ada seorang ibu separuh baya bertanya padaku, "Sudah berapa bulan bu ?" sambil pura-pura tenang aku jawab " 9 bu, ini pertama kalinya kontrol seminggu sekali...." dan ibu itu bilang "ooo pantes, ko udah keliatan "turun banget""... aku tersenyum simpul dan tak lama kemudian namaku dipanggil oleh perawat....
Di hadapan dokter aku hanya terdiam kebingungan, dokter memintaku untuk rebah dan mulai di USG, wajahnya tampak tenang dan cuma berkata : "Bu, usia kandungan ibu sudah memasuki 38 minggu, jika sudah mulai terasa keluhan, itu wajar, karna dede sudah mulai cari jalan keluar...dan jika sudah ada tanda-tanda akan melahirkan, tidak akan ditunda lagi, karna dede bayinya sudah kuat untuk lahir"... aku tersenyum dan bangun dari tidurku langsung menuju meja konsul, baru saat itu aku bilang.."Dok, saya merasa rembes hari ini., kenapa ya?" dokter hanya mengerutkan dahinya dan bertanya lagi "warna apa?" aku jawab "bening dok.."
Dokter Gatut hanya berpesan padaku, ibu harus banyak istirahat, jangan banyak duduk, jangan banyak berdiri, rebah saja, jika sampai nanti malam rembesnya ga berhenti, aku harus langsung menuju ke rumahsakit dimana aku ingin bersalin, tapi jika berhenti, maka mudah-mudahan itu cuma cairan lendir biasa...
Aku cuma merasa bingung, karna aku sendirian di rumah malam ini, kalo ternyata aku harus bersalin, aku harus gimana, panggil taksi gak mungkin, karna jalan menuju rumahku itu selalu ditutup kalo malam, mau ga mau aku harus jalan dulu keluar komplek, yang jarak nya sekitar 500meter....Ow My God...bagaimana ya, di taksi perjalanan menuju pulang, aku elus-elus perut buncitku, sambil bilang : De, bunda baru cuti hari Senin, jangan lahir besok ya, tunggu sampe bunda cuti....dan aku sudah mulai merasa rembesku berkurang..
Aku tiba di rumah sekitar pukul 20.30, aku baru ingat ternyata aku belum makan lagi, dan perutku terasa lapaaaaar sangaad, secara makan terakhirku cuma siang tadi di Pizza Hut.... setelah ganti baju, aku coba menyalakan kompor, tapi gak berhasil karna aku mulai merasa ada yang serrr lagi di bawah perutku, aku batalkan niatku untuk memasak sesuatu, aku kembali masuk kamar dan duduk di kasur... tivi kunyalakan dan kuambil Handphone ku.... aku mengirim sms pada si mas, aku bilang aku minta dia untuk standby, Hp jangan dimatikan atau di silent, takut-takut nanti malam aku menghubungi dia.... ternyata si mas malah panik baca sms ku, buru buru dia telp aku dan bilang akan segera ijin sama supervisinya untuk pulang....
Aku hanya bisa rebah di kamarku, dudukpun aku merasa tetap ada yang serr serr rasanya, namun aku teringat, aku belum packing sama sekali, belum ada satu taspun yang aku siapkan untuk persalinan...langsung aku bangun dari tidurku, pelan-pelan aku coba masukkan beberapa bajuku, peralatan mandiku, dan beberapa baju calon bayiku... aku gatau harus ngapain lagi, yang aku ingat cuma aku laparrr, namun kemudian aku berusaha untuk tidur, beberapa kali si mas sempet menghubungi aku untuk bertanya keadaanku, aku bilang aku masih belum merasakan apa-apa, tapi rembesnya masih terasa walaupun sudah berkurang.... mataku terpejam namun hatiku tetap bingung, aku tak bisa terlelap sama sekali, selain karna lapar, pikiranku juga ga karuan....ingin rasanya menelepon Mbun, tapi kulihat jam sudah menunjukkan pukul 21.30, Mbun pasti udah tidur, dan bakalan jadi panik nantinya....
Pukul 22 kurang sedikit aku memutuskan untuk bangun dari tempat tidur untuk sholat Isya,aku bergegas menuju kamar mandi, sebelum bersuci aku sempatkan untuk buang air kecil dulu, namun apa yang terjadi, kulihat ada noda darah di tissue yang aku basuh ke miss V ku.... ada perasaaan dag dig dug yang kencang saat itu, berarti ini sudah tanda-tanda aku akan melahirkan.....aku batalkan niat ku untuk sholat, aku menuju kamarku lagi dan liat hpku ternyata si mas lagi nelepon untuk bertanya lagi dan lagi tentang keadanku...dan aku bilang kali ini ada darahnya mas... si mas makin bingung, dan bilang sebentar lagi dia akan menuju pulang setelah urusannya selesai.... aku pikir, si mas udah pulang dari tadi ternyata....
Pukul 22.30 si mas ngabarin lagi, klo dia baru bisa menuju pulang... dan baru tiba di rumah sekitar pukul 23.00, itu dengan perjuangan banget, kata si mas.... aku agak setengah tenang dan berharap si mas membawa makanan-makanan kecil, karna aku sempat bilang kalo aku belum makan...tapi dasar nasib si mas bilang mas udah gak kepikiran buat berhenti dan mampir mampir...nanti aja ya....Seketika itu juga aku mulai merasa mules, sakiiit rasanya seperti ingin buang air besar....  si mas langsung membawa tas yang sudah aku siapkan tadi, dan memasukkanya ke dalam mobil sambil menunggu aku berganti pakaian....
Di perjalanan menuju RS, aku merasakan mulas sesekali, dalam waktu 15 menitan... berkali-kali aku membaca ayat kursi, al Fatihah dan Surat-surat pendek lainnya, ya ALLAH, lindungi aku dan bayiku dan berikan kami petunjuk terbaik dari Mu
Pukul 23.30 aku tiba di RS, aku langsung di 'periksa dalam', menurut perawat yang menanganiku, cairan yang dari tadi keluar itu adalah air ketuban dan ternyata aku sudah bukaan 2, aku sudah tidak boleh lagi turun dari tempat tidur... aku pasrah, jika memang harus melahirkan sebelum cutiku dimulai, ya sudah mau gimana lagi....ini diluar kekuasaanku... perawat itu lalu memeriksa denyut jantung bayiku, dan setelah konsultasi ke Dokter Gatut melalui telepon, perawat itu bilang bahwa detak jantung bayiku lemah, jika nanti pukul 00.30 dicoba lagi tidak ada perubahan, dokter Gatut bilang akan melakukan operasi malam ini juga.... Apaa??? setelah dinyatakan Plasentaku normal, aku masih harus operasi juga, o no....tapi si mas langsung jawab, ya udah terserah dokternya aja mba, yang penting istri dan anak saya selamat.... dan Alhamdulillah, detak jantung bayiku kembali normal, dan aku tidak jadi operasi malam itu, namun aku masih belum boleh turun dari tempat tidurku.... aku ingat sekali bagaimana wajah si mas malam itu, dengan wajah mengantuk dia setia di sampingku sambil memijit pundak dan pinggulku....sesekali kita berdua mencoba memejamkan mata karna rasa lelah dan kantuk yang tak tertahan, namun harus terbangun lagi karna rasa mulas itu datang, dan datang lagi...fyuh, rasanya ga karuan, ternyata begini rasanya kontraksi....
Pukul 02.00 perawat kembali 'periksa dalam' karna rasa sakitku mulai makin sering, sekitar 10 menit sekali,,,dan ternyata baru bukaan 3...hah?? dalam 2 jam cuma nambah 1 bukaan ?? gimana niy ? si mas bingung, ngelahirin jam berapa kalo gitu ??? aku terus berusah untuk memejamkan mata, tapi tetap ga bisa, karna selain mulasnya bertambah, di sebelah kamarku ada pasien yang baru datang dan teriak kesakitan...
Pukul 03.30 tetangga kamar sebelah sudah melahirkan, aku dengar sayup sayup tangisan bayi.... lalu aku pikir, mungkin dengan berteriak bisa mempercepat persalinan, hehehe.... mulailah aku berteriak, si mas makin kebingungan, mas mesti gimana dong ??? itu yang aku ingat pertanyaan dari si mas....
Pukul 04.00 alhamdulillah sudah bukaan 8...fuh, akhirnya....tapi aku belum melihat dokter kandungan satupun yang akan menanganiku, dari tadi hanya perawat saja yang bolak balik ke ruang bersalin,...
Rasa mulas yang aku rasakan semakin bertambah, tangan dan badan si mas sudah habis aku cubiti, cakar, bahkan kata si mas aku sempat menggigitnya, tapi aku ga ingat....Perawat-perawat itu sempat bilang :"Ibu jangan ngeden, nanti kepala dedenya peyang lho...." sambil nahan kesakitan aku jawab, "Trus saya mesti gimana mba, la wong ini refleks sendiri!!".....
Pukul 04.30, dokter Gatut datang dan menghampiriku, dengan tenang dan santainya dia bilang :"Ibu, jangan teriak-teriak bu, nanti tenaga ibu habis, ibu baru bukaan 8, ayo, saya dibantu ya..." rasanya sejuuuuk banget denger dr, Gatut ngomong, aku seperti melihat seorang malaikat yg datang menolongku....(lebaaay)
Hanya dengan dr. Gatut aku bisa tenang, aku merasa ga perlu teriak dan menyakiti tubuh si mas, dan.... tidak lama kemudian aku merasa sakiiiit yang amat sangad, dan cepluuuk!!! Pukul 05.15 aku merasa seperti ada yang keluar dari bawah perutku, bayiku lahir dan tangisannya kencang sekali, iring-iringan dengan suara orang ngaji setelah sholat shubuh.... Aku cuma sempet melirik ke arah si mas, dan aku lihat si mas sibuk keluar masuk kamar karna mau ngikutin kemana bayinya dibawa, sambil bisikin aku, berarti Nadine yang, dedenya Cewe..
Pukul 05.30, si mas nyamperin ke ruang bersalin, dan bilang : "Mas jemput Ibu Bapak dari Jakarta dulu yah yang, Bunda istirahat aja..." tanpa sempat mengiyakan, aku sudah tertidur....aku lelah, ngantuk, senang, bahagia, bingung, gelisah dan penasaran kayak apa ya bayiku ?...
Nadine Rahma Muliasari
Alhamdulillah, telah lahir putri pertama kami, mohon do'anya semoga sebagai orangtua baru, kami diberikan kekuatan, kesabaran, kemudahan dan Jalan Terbaik untuk mendidik dan membesarkannya seperti yang kami inginkan,amiin....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar