Selasa, 21 Februari 2012

Mensiasati Batuk Pilek Pada Bayi...

hehehe...gaya ya judulnya, kayak dokter ajah...

ini sih cuma mau berbagi aja, secara musim di Indonesia itu kadang bersahabat kadang enggak...
hari ini bisa panaaas banget eee, malemnya ujug-ujug hujan deres...apalagi aku tinggal di daerah Surabaya, yang terkenal dengan puanasnya...
nah, kalo cuaca udah ga bersahabat, anakku, nadine tau-tau hidungnya kadang mampet, and tengah malemnya kedengaran d, uhuk-uhuk, karena kedinginan kali ya...


Pertolongan pertama buat aku adalah cahaya matahari...pagi-paginya setelah terdengar nafas grok-groknya dan uhuk-uhukny, setelah mandi pagi aku usahain berjemur di depan rumah...itupun kalo ada matahari, kalo enggak ya maap, hehehe...
trus, malam harinya sebelum tidur, karena biasanya kalo hidung mampet nadine suka susah memulai tidur, aku coba dengan memberi terapi uap minyak kayu putih...ini resep dari temenku, dan lumayan membantu lho...
caranya, masukkin air panas, bisa air thermos or air dispenser kedalam mangkuk kecil seukuran mangkuk kobokan, yaa setengahnya aja cukup ko... trus kecrotin d tuh minyak kayu putih (merk apa ajah, kalo aku seringnya merk Cap Lang or Konicare) sekitar 3-5 kali, abis itu letakin di pojokan kamar dimana nadine bobo...hati-hati y, karena kalo masih panas bahaya, jadi jauhkan dari jangkauan anak-anak...kalo kamarnya ber-AC, uapnya lumayan cepet tercium, jadi efeknya bisa cepet terasa, biasanya nadine langsung bobo klo udah nyium uap ini....tapi karena ber-AC juga, jadinya harus buru-buru ganti kalo airnya udah dingin... karena uapnya udah ga kecium lagi, dan biasanya mulai d mampet lagi, jadi harus-sering-sering bikin lagi...biasanya aku bikin sampe 4 kali ajah......pernah waktu itu ga dinyalain AC, dan uapnya lumayan lama keciumnya, karena aku juga lagi flu, jadi kebantu banget dengan terapi uap ini....
trus, sebelum bobo, karena nadine masih menyusui, biasanya aku makan kencur....Kencur kan bentuknya kecil-kecil, begitu dikupas dan dicuci langsung aja aku kunyah, 1 biji cukup ko...ada yang bilang, diparut aja trus diambil sarinya, itu yang diminum, aku pernah coba, tapi ga berhasil ngambil sarinya, karena sedikit banget hasil parutannya, jadi aku kunyah aja langsung, alhasil tenggorokanku gatel banget....habis itu minum d yang banyak, karen pas nanti nadine bangun buat minta mimik, efek kencurnya terasa...hangat-hangat rasa mint kayanya....dan besok malanya masih aku ulang cara ini, walaupun uhuk-uhukny nadine udah ga kedengeran lagi..
ki-ka : kencur, mangkuk kobokan, minyak kayu putih

Ya, beberapa kali aku coba cara ini, Alhamdulillah berhasil, at least ga perlu nunggu 3 hari buat nunggu hidung mampet or batuknya reda, dan yang pasti aku ga perlu sering-sering ke dokter.... Mudah-mudahan bermanfaat ya....


1 komentar:

  1. Batuk pilek pada anak kebanyakan disebabkan oleh virus. Pada dasarnya tidak diperlukan obat sama sekali. Obat yang diberikan tidak akan mempercepat penyembuhannya, tetapi hanya membantu ia merasa lebih nyaman. TTemukan cara terbaik menanggulangi batuk pilek pada anak hanya di Tanyadok.com

    BalasHapus